#BandungBerbagi

Dari Bandung Untuk Berbagi Sesama

Donasi

Bebersih Bandung Yuk! Jilid 10

Bebersih Bandung Yuk pun kembali! Kali ini, BBY Jilid 10 bersama Outlive diadakan di area Dago Car Free Day.

Batagor adalah Komunitas Blogger Bandung

Siapa tak kenal Batagor? Batagor bukan hanya ‘Baso Tahu Goreng’. Batagor pun adalah Bandung Kota Blogger. Mari bergabung!

Mari Bergabung!

Ngeblog itu Asik Pake Aksi

Ngeblog itu gak asik kalo gak ikut beraksi bersama Blogger lainnya. Yuk gabung di Komunitas Bandung Kota Blogger!

Yuk gabung!

Didukung oleh

Aggregator Batagoris

Museum Ullen Sentalu

Awal tahun 2015 ini saya dan teman-teman kuliah sempet buat wisata budaya ke Museum Ullen Sentalu, setelah menghadiri acara nikahannya temen kuliah di Klaten.

Museum Ullen Sentalu lokasinya di daerah Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Jika dari Jogja kota, ikuti aja Jalan Kaliurang ke arah atas hingga ketemu petunjuk jalan ke museum ini. Searah sama Museum Gunung Merapi.

Nama Ullen Sentalu merupakan singkatan dari bahasa Jawa: “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku” yang artinya adalah “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Filsafah ini diambil dari sebuah lampu minyak yang dipergunakan dalam pertunjukkan wayang kulit (blencong) yang merupakan cahaya yang selalu bergerak untuk mengarahkan dan menerangi perjalanan hidup kita.
Isi dari museum ini adalah budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram (Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman) beserta koleksi bermacam-macam batik (baik gaya Yogyakarta maupun Surakarta), tokoh raja-raja beserta permaisurinya dengan berbagai macam pakaian yang dikenakan sehari-harinya, serta dapat diketahui bagaimana para leluhur Jawa membuat batik yang memiliki arti dan makna yang mendalam di dalam setiap coraknya. Ada juga berbagai sejarah mengenai keadaan budaya Jawa kuno dengan segala aturannya.
Museum ini didirikan oleh salah seorang bangsawan Yogyakarta yang dikenal sangat dekat dengan keluarga keraton Surakarta dan Yogyakarta.

Keadaan museum mampu membuat pengunjung seperti terserap ke masa Jawa kuno yang mengagumkan, ditambah dengan udara sejuk karena lokasinya sudah termasuk di dataran tinggi di kaki Gunung Merapi.

Tiket masuk ke museum ini adalah Rp 30.000. Sudah dapet penjelasan dari mbak-mbak guide yang ramah dan minuman spesial yaitu Ratu Mas. Minuman dengan resep rahasia dari 7 bahan alami ini dipercaya bisa memberi kesehatan dan awet muda.
Minuman Ratu Mas
Sangat recommendedlah buat yang suka sejarah dan wisata budaya, serta bisa digunakan buat alternatif wisata bagi yang sudah bosan sama Kraton atau Benteng Vredeburg ketika berkunjung ke Jogja, hehe.
Oiya, perlu diketahui bahwa di museum ini dilarang mengambil gambar demi kepentingan didirikannya museum, kecuali di pintu masuk dan pintu keluar. Gambar pertama dan terakhir adalah gambar yang diambil di dekat pintu keluar. Gambar museum diambil dari Google.
“Tak mungkin orang dapat mencintai negeri dan bangsanya, kalau orang tak mengenal kertas-kertas tentangnya. Kalau dia tak mengenal sejarahnya. - Pramoedya Ananta Toer
@ariffsetiawan

Nekad Trekking ke Tebing Keraton, Bandung

Dering alarm ponsel membuyarkan keteduhan tidur gue pada hari Sabtu itu. Baru pukul 2 pagi, tapi gue sudah harus bangun dan bersiap-siap. Mas Adi, rekan dari Jakarta yang menginap sejak semalam, pun harus gue bangunin dulu. Melawan rasa kantuk yang masih membayang di pelupuk mata, gue menyeret tubuh menuju kamar mandi dan mengguyur air dingin […]

Perjalanan ke Baduy Dalam

Leuit, Lumbung Padi khas BaduyPerjalanan ini sebenernya udah lumayan lama, tepatnya akhir Agustus 2014, kesimpen di draft juga lama, haha. Maklum yang punya blog agak sibuk di pertengahan hingga akhir tahun 2014.Perjalanan ini termasuk perjalanan hore …

Kehilangan Orang Tua

Sesungguhnya adalah sesuatu yang pasti, ya nggak?Iya.Tapi siapa yang mau jika ditanya mau kapan orang tua mereka diambil oleh-Nya?Sayangnya saya sudah pernah mengalami salah satunya sekitar 10 tahun yang lalu. Ibuk saya meninggal karena sakit penyumbat…

Atas Nama Sehat

Sehat itu mudah dan tidak sulit Yang penting adalah mau menjalaninya Buah alami solusinya dan janganlah pelit Beli dan nikmatilah saat mengonsumsinya Rasa sumringah yang sejak tadi meresap ke dalam hati tiba-tiba lenyap. Indahnya pemandangan yang ada di sekelilingnya seolah langsung berubah menjadi neraka. Warna biru langit, warna hijau pepohonan, atau asap eksotis yang melayang-layang […]

Terpesona dengan Pagoda Avalokitesvara, Semarang

Kami berdua berkendara di bawah guyuran sinar matahari yang terik siang itu. Sang surya kembali menunjukkan keperkasaannya di atas langit Semarang. Di bawah balutan kaos dan kemejaku, bulir-bulir keringat menyembul keluar dari pori-pori hingga meninggalkan bercak-bercak basah pada punggung. Kami sedang bergerak menuju destinasi kedua terakhir dalam rangkaian perjalanan Semarang Ekspres kali ini. Meninggalkan klenteng […]

Push Ads dari Telkom Speedy

Sebenernya kali ini saya ingin menyampaikan unek-unek saya sebagai pelanggan Telkom Speedy, yaitu tentang `Gangguan` Push Ads. Meskipun ada di ToSnya layanan Telkom Speedy, tapi menurut saya ini adalah termasuk sebuah pemaksaan yang tidak baik. Konon k…

Soto Ayam Dalbe Jogja

Awal tahun 2015 saya isi dengan menikmati libur seminggu dari tempat kerja. Salah satunya adalah main ke Jogja. Ke Jogja itu cuma sekitar 1,5 jam dari rumah saya di Purworejo.Pas tau posisi saya lagi di Jogja, ada salah satu temen dari PK 18 LPDP yang …

14 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Semarang

Predikatnya sebagai ibukota provinsi Jawa Tengah sekaligus kota terbesar ke-5 di Indonesia (setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan) membuat Semarang menjadi kota yang mudah dijangkau. Layanan transportasi dengan bus, kereta api, pesawat, bahkan kapal tersedia untuk melayani kota ini. Namun, pamor pariwisata Semarang masih kalah jika dibandingkan dengan dua kota tetangganya yang berukuran lebih kecil — […]

Mari Bergabung dengan Komunitas Bandung Kota Blogger!

Kamu seorang Blogger Bandung dan ingin tulisannya masuk ke aggregator Batagor.Net? Yuk bergabung!

Gabung Sekarang!